Latest News

Simbol Planet-Planet Tata Surya

Ketahui simbol dari delapan planet yang menghuni Tata Surya kita.

Simbol Planet-Planet Tata SuryaSimbol planet-planet Tata Surya (insightastrology.net)
Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto. Tentunya kita hafal akan kesembilan planet yang menghuni Tata Surya tersebut. Tapi tahukah kita lambang-lambang sembilan planet tersebut?
  • Nama Merkurius diambil dari nama seorang Dewa Romawi yang juga merupakan seorang pengantar berita, karena kemampuannya mengantar berita secara cepat. Nama itu kemudian diberikan kepada planet terdekat dari Matahari ini karena waktu revolusinya yang juga cepat.  Dengan demikian, gambar ular dan sayap yang menjadi lambang pada helm yang dikenakan Dewa Merkuri menjadi simbol untuk planet ini.
  • Planet ini diambil dari nama seorang dewi cinta dan kecantikan Romawi, Dewi Venus. Maka simbol yang digunakan ialah simbol yang merepresentasikan benda yang paling sering digunakan oleh Dewi Venus: cermin genggamnya.
  • Permukaan planet Mars yang merah darah membuat planet ini dinamakan serupa dewa perang Romawi bernama sama. Simbolnya dilambangkan serupa tameng dan tombak yang digunakan dewa tersebut. ketika perang.
  • Simbol Jupiter yang memang serupa angka empat ini  menggambarkan senjata Dewa Jupiter, yaitu lighting bolt.
  • Saturnus adalah Dewa Pertanian dalam kisah Romawi. Dengan simbol serupa huruf h, simbol untuk planet Saturnus menggambarkan bentuk sabit/arit yang kerap digunakan Dewa Saturnus.
  • Simbol planet Uranus merupakan gabungan dari dua simbol lainnya, yakni simbol Mars dan Matahari, karena dalam mitologi, keduanya terkait dengan Uranus. Uranus yang menggambarkan surga dalam kisah mitologi Romawi dipercaya dipimpin oleh cahaya Matahari dan kekuatan dari Mars.
  • Neptunus, merupakan nama dewa Laut. Simbol dari planet ini digambarkan serupa trisula yang sering dibawa Dewa Neptunus.
  • Meski Pluto telah dikategorikan sebagai planet katai sejak 2006, simbolnya masih tetap seperti sedia kala. Lambangnya merupakan gabungan dari huruf P dan L. Selain menggambarkan inisial dari nama planet ini, PL juga merupakan inisial dari Percival Lowell, sang astronom penemu planet kecil ini.
(Difa Restiasari. Sumber: Universe Today)
Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/06/simbol-planet-planet-tata-surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pegasus Astro Club Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Pegasus Astro Club. Gambar tema oleh sololos. Diberdayakan oleh Blogger.