Latest News

Mengungkap Permata Misterius yang Tersembunyi di Galaksi Kita

Info Astronomy - Keingintahuan manusia untuk mengeksplorasi sudah berakar dalam budaya kita. Dalam astronomi, ilmuwan mendorong batas-batas pemahaman kita untuk membuka beberapa misteri terbesar alam semesta kita. Untuk melakukannya, mereka membutuhkan teleskop yang sangat kuat.

Menggunakan teleskop yang berbasi di luar angkasa bernama WISE, dan beberapa teleskop di Bumi, para astronom telah menemukan dua dari banyaknya bintang katai coklat tertua yang pernah ada.

Benda-benda tua ini diperkirakan telah terbentuk ketika galaksi kita -- galaksi Bima Sakti -- masih sangat muda, lebih dari 10 miliar tahun yang lalu!

Katai coklat juga disebut "bintang gagal" oleh beberapa astronom. Dalam ukuran, katai coklat hanya seukuran Planet Jupiter, planet terbesar di tata surya kita.

Tapi, tidak seperti bintang-bintang seperti Matahari kita, mereka tidak pernah cukup energi untuk melakukan pembakaran atau yang disebut "fusi nuklir".

Justru sebaliknya, setelah mereka terbentuk, katai coklat hanya akan memudar dan dingin. Katai coklat yang baru ditemukan ini hanya memiliki suhu antara 250-600 derajat Celsius, jauh lebih dingin daripada bintang. Sebagai perbandingan, Matahari memiliki temperatur permukaan 5600 derajat Celcius!

Menemukan dua bintang katai coklat ini adalah seperti tersandung peti harta karun milik Kapten Jack Sparrow, begitu menurut para astronom.

Apa yang membuat permata tersembunyi ini begitu istimewa adalah bahwa mereka berputar dengan kecepatan luar biasa dari 100 sampai 200 kilometer per detik, jauh lebih cepat dari bintang normal dan katai coklat lain.

Fakta menarik
Pada tahun ini, para ilmuwan menemukan sistem tata surya ketiga terdekat dengan Matahari, memecahkan rekor seratus tahun lalu. Sistem tata surya ini hanya berjarak 6,5 ​​tahun cahaya, dan berisi dua katai coklat.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pegasus Astro Club Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Pegasus Astro Club. Gambar tema oleh sololos. Diberdayakan oleh Blogger.